Tas Selempang Diandra

Irma Rachmawati

Berawal dari kesukaanku akan tas, dengan beragam modelnya yang sudah makin cantik-cantik. Aku mencoba belajar bikin tas sendiri. Tas pertama yang aku buat dari bahan cord warna putih dengan lapisan kain dalamnya kain katun nuansa pink. Detail hiasan tas yang aku bikin menggunakan bordir yang nuansanya aku sesuaikan dengan tasnya. Alhamdulillah senangnya bisa bikin tas sendiri..langsung dipake sama Diandra (anakku).Disuka sama temen-temennya, pada tanya beli dimana? begitu tahu mamaku yang bikin, langsung pada mau pesan. Jawabanku simple dulu "makasihh..nanti yaa...heheheh...;-)" Masih mau belajar dan belajar dulu...Tapi senang dan puas rasanya karena disuka oleh teman-temannya, bangga juga dia pakenya. Ayuk..kita sama-sama belajar, sharing yuks ;-)
Ini nih tampilan tasnya ;-)

posted by Riana R. Iswahjudi

Workshop I : Membuat Tas

Irma Rachmawati

Hai-hai bag lovers,
Kemarin workshop I sudah dimulai lhoo...meski cuma 2 peserta saja, tapi rame ya...karena teman-teman sangat bersemangat sekali untuk membuat tas ini. Namanya juga buatan sendiri, bangga dong bila sudah selesai. Ya kan ....
Nah ini Mba Vicky lagi menjahit tali tas, ya.senyum mba...siiipppp....



Nah...kalo ini namanya mba Erika. Mba Erika sedang memotong bahan kain untuk tas yang akan dibuatnya.


Workshop dimulai dari jam 10 s/d jam 3 sore. Engga terasa sudah hampir jam 3, tapi karena kita belajarnya step-by-step dan saya jg tidak mau asal dalam memberikan pelajarannya (maksudnya sesuai tutorial yg saya buat), jadi mba Vicky dan mba Erika belum selesai tasnya. So, kita lanjutkan sabtu depan ya...

Tas Jinjing After 7

Irma Rachmawati


Ini juga Tas Jinjing 2 motif. Modelnya sama dengan yg tas jinjing sebelumnya.

Itu sebenarnya aslinya bahan bagian bawah, itu memang motifnya dari sananya begitu. Bukan saya sengaja potong2 dulu kotak-kotak, terus saya jahit sambung-sambung. Enggak tuh. Maka itu kenapa saya beli. Soalnya mirip2 quilt ya ?
Warnanya soft bangets. Ini juga pake Magnetic Snap.

Tas Blue Purple

Irma Rachmawati


Halah...bingung mau namain ini tas. Aku bikin ini cuma 2 jam kurang. Karena sudah bahan2 yg diperlukan sudah siap. Misalnya, tali sudah jadi. Bahan kain sudah dipotong sesuai pola. Sudah deh tinggal di jahit sana-sini.

Nah kali ini aku gunakan magnetic snap. Tentunya lebih praktis pemasangannya dibanding jika memasang resleting. Proses membalik lapisan tas juga lebih mudah.
Yaa pokoknya ini alternatif motif untuk Tas Jinjing 2 motif yang akan saya ajarkan sabtu ini.

Tas Jinjing Tutorial dan perlengkapannya

Irma Rachmawati

Halo bag stitchers,

Saya sudah selesai membuat tutorial cara membuat tas jinjing, yang akan saya ajarkan pada kursus sabtu tgl. 21 Februari besok.
Nanti para peserta akan saya berikan tutorialnya dilengkapi dengan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat tas tersebut. Mulai dari bahan katun untuk lapisan luar, bahan blacu lapisan dalam, kain keras atau boleh juga ditambah busa pelapis, resleting, magnetic snap ( sesuai janji saya pada artikel sebelumnya ; where to buy magnetic snap).
Jadi siap-siap ya untuk berbangga diri pake tas buatan sendiri.
Nanti kalo sudah jadi tasnya, difoto ya trus kirim fotonya ke saya, nanti akan saya pajang diblog ini.
Selamat berkreasi.

Tas jinjing yang akan dibuat

Irma Rachmawati

Halo bag stitchers,

Saya baru saja selesai mengetik buku tutorial cara membuat tas jinjing.
Nah nanti tas jinjing yang seperti ini yg akan di kursuskan kepada anda.
Jadi yang berminat, segera email ke sy. Ditunggu ya...

Where to Buy Magnetic Snap ?

Irma Rachmawati


If you want to make a handbag by your self, maybe you need to consider to use magnetic snap. Why ? because with using magnetic snap, your handbag will look like if you buy them from the store.
I usually using a zipper to make the bag closed. But now I have a magnetic snap to use on my bag. It is very simple and I like it. Do not to sew anymore like if I use a zipper. I found this magnetic snap at Tanah Abang Store. And I think the price is cheaper than if I must buy a zipper.
And I decided to give 1 pc magnetic snap to anyone who has registered in making bag class on this saturday. See you...

Bag's handle atau Pegangan Tas

Irma Rachmawati

Sebenarnya saya pingin juga bikin tas dengan accessories lain seperti pegangan tas dari kayu misalnya, atau metal gitu. Pegangan tas dari kayu di Mangga Dua harganya kalo beli satuan sekitar 20 ribuan sekarang. Kalo yang terbuat dari resin bisa lebih murah. Yang dari metal lumayan agak mahal. Jadi sementara ini karena saya harus berhemat, maka tidak ada salahnya ya kalo tidak pake pegangan tas yang sudah jadi itu.
Lagi pula tidak perlu beli lah. Cukup kreasikan sendiri dari bahan yang ada.

Saya lihat di blog-blog yang sering saya kunjungi, juga etsy.com, mereka jarang yang pake handle yang sudah jadi. Kebanyakan dari bahan itu sendiri. Semakin kita berhemat, semakin banyak kreasi yang kita ciptakan, tul ga ? Hehehe...

Nah nanti saya akan berikan tips-tips membuat handle tas. Supaya bisa digunakan pada tas yang anda buat.
Ditunggu aja ya. Soalnya mesti di foto dulu.